Adbox
Kami menjual batik dan songket especially dari serawak, malaysia. Pelbagai pilihan corak batik dan songket boleh dipilih dan harga yang ditawarkan agak berpatutan. Kami juga menjual dengan harga borong dan merupakan pemborong terbesar dari serawak.

Songket

Kain Songket; Asal Mula, Jenis, dan Maknanya

Pulau Sumatra pada masa lalu mendapat julukan sebagai Swarnabhumi atau swarnadwipa. Ya. Pulau Emas! Tidak percaya? tengok gemerlap warna dan kilauan emas yang terpancar pada kain tenun masyarakatnya. Wilayah Palembang khususnya, memang tercatat memiliki sejarah yang cukup panjang; dari Sriwijaya sampai dengan Kesultanan Palembang. Banyak peninggalan tak ternilai yang berasal dari kerajaan-kerajaan terkenal itu, satu diantaranya adalah budaya wastra, tenun songket.

Kain Songket memberikan nilai tersendiri yang dapat menujukan “kebesaran” bagi orang-orang yang mengenakan dan membuatnya. Rangkaian benang yang tersusun dan teranyam rapi dengan pola simetris itu, menunjukkan bahwa kain songket dibuat dengan keterampilan masyarakat yang lebih dari sekedar memahami cara untuk membuat kain, akan tetapi keahlian dan ketelitian itu telah mendarah daging.
Lestarinya kain Songket mutlak disebabkan karena adanya proses pembelajaran antar generasi, selain itu, Songket tidak hanya selembar kain benda pakai, songket adalah simbol budaya yang telah merasuk dalam kehidupan, tradisi, sistem nilai, dan sosial masyarakatnyaGemerlap warna serta kilauan emas yang terpancar pada kain Songket, pada masa lalu bahkan membuktikan sebuah simbol kekayaan suatu daerah. Kain-kain semacam ini selain digunakan oleh kalangan istana dan para pejabat. Dalam sejarahnya, songket merupakan komiditi perdagangan yang sangat berharga, bahkan hingga saat ini.

Tenun Songket dalam Sejarahnya
“Songket Aesan Gede, Palembang”. Foto oleh Gunkarta
“Songket Aesan Gede, Palembang”. Foto oleh Gunkarta


Sejak zaman prasejarah, nenek moyang bangsa Indonesia sudah mengenal teknik menenun. Hal ini diperkuat dengan adanya penemuan tembikar dari zaman neolitik yang di dalamnya terdapat kain tenun kasar juga beberapa temuan fragmen kain tenun lainnya.
Salah satu yang menjadi “gudang tenun” di Nusantara adalah Pulau Sumatra. Setiap daerah di wilayah ini bahkan mempunyai ciri khas tenunannya masing-masing. Saling pengaruh-mempengaruhi antar tempat dan daerah di Pulau Sumatra tentu saja tidak dapat dihindarkan, interaksi budaya tenun antar etnis di Sumatra dan sekitarnya dimungkinkan terjadi karena letak geografis yang saling berdekatan satu sama lain; dapat dicapai dengan mudah. Songket Palembang sepintas tampak pengaruhnya pada kain-kain di wilayah Jambi, Riau, dan Sumatra Utara
Songket Palembang konon merupakan peninggalan dari kejayaan kerajaan Sriwijaya pada abad ke-9 Masehi. Kerajaan yang berdiri pada abad ke-7 ini pada perkembangannya kemudian mampu menguasai lalu lintas perdagangan di Selat Malaka, hingga mempunyai pengaruh cukup kuat di wilayah India dan Cina.
Sebagai wilayah yang dijuluki Swarnadwipa (Pulau emas), di bawah naungan kerajaan yang berkuasa saat itu emas sebagai logam mulia, telah memainkan peranannya yang penting.  Bahkan saking kayanya dengan emas, Raja Sriwijaya tiap harinya membuang sebungkal emas ke sebuah kolam dekat istananya, begitulah menurut kabar dari orang-orang Cina yang waktu itu memang aktif melakukan perdagangan dengan Sriwijaya.
Jaringan perdagangan internasional ini membawa pengaruh besar dalam hal pengolahan kain tradisional mereka. Pada perkembangannya dimungkinkan bahan yang digunakan untuk membuat songket telah di kirim dari berbagai daerah.
Sebagian emas dan beberapa logam mulai lainnya dari Sumatra, dikirim ke negeri Siam (Thailand) dan wilayah Vietnam —dua wilayah tersebut memang terkenal sebagai tempat pengrajin logam di Asia Tenggara, dari masa perundagian. Di sana, emas mereka jadikan benang, tentunya di wilayah Sumatra juga tradisi membuat benang emas sudah ada. Emas yang telah menjadi benang kemudian dikirim kembali ke kerajaan Sriwijaya untuk ditenun dengan menggunakan jalinan benang sutra berwarna yang sebagian mereka dapatkan dari India dan juga Tiongkok (Cina), tetapi sebagian besar dihasilkan oleh masyarakatnya. Palembang bahkan dikenal dengan pembudidayaan ternak ulat sutera untuk diambil benangnya.
Selain sebagai bandar dagang, wilayah Sumatra masa Sriwijaya juga merupakan pusat dari kegiatan agama Buddha terbesar di zamannya, bahkan tempat singgah para pelancong dari berbagai tempat. Kondisi ini dimungkinkan bahwa wilayah Sumatra kemudian sebagai wilayah yang telah membuka diri terhadap kedatangan “pihak asing”, adanya hubungan interaksi dengan dunia luar secara tidak langsung memengaruhi kebudayaan setempat. Meskipun begitu, Songket tetaplah ciri khas yang tidak ditemukan di wilayah lainnya dan mengisi khazanah kekayaan budaya masyarakat setempat, yang masih bisa dirasakan sampai saat ini.
Mulai melemahnya kerajaan-kerajaan di Nusantara pada akhir bad ke-18 khususnya di Pulau Sumatra dan munculnya kolonial Belanda, secara tidak langsung telah berdampak pada kerajinan tenun songket ini.

Perempuan Minang menenun songket awal abad ke-20”. Foto dari Tropenmuseum
Perempuan Minang menenun songket awal abad ke-20”. Foto dari Tropenmuseum


Sampai menjelang Perang Dunia II, keberadaan songket bahkan mengalami kemunduran karena kesulitan mendapat bahan baku. Berakhirnya pengaruh Belanda di Nusantara karena meluasnya pengaruh Jepang di Asia Pasifik, hingga menjelang masa kemerdekaan sampai dengan tahun 1950, tenunan kain Songket seolah mati suri.
Kesulitan mendapatkan bahan baku dan memasarkan hasil produksi adalah permasalahan terbesar saat itu. Menjelang pertengahan abad ke-20, kerajinan kain songket diperkirakan kembali mulai bergiat terutama karena muncul inisiatif memanfaatkan kembali benang emas dan benang perak dari tenunan kain songket yang lamayang sudah tidak dipakai, atau benang dasarnya sudah lapukuntuk dijadikan tenunan kain songket yang baru. Selanjutnya kerajinan songket mulai banyak dikerjakan kembali oleh para pengrajin. Banyaknya bahan baku yang hadir di pasaran baik yang berasal dari Cina, Taiwan, India, Prancis, Jepang dan Jerman menandakan bahwa tenun songket mulai menapaki kejayaannya kembali. Mulai kembali banyak permintaan Songket di masyarakat, mungkin menjadi faktor pendukungnya. Pada akhir abad ke-20 dan menjelang abad ke-21, Songket bahkan telah merambahi dunia fashion sebagai salah satu bahan kain yang mengagumkan.
Keberadaan kain songket memang telah mengalami pasang surut dalam sejarahnya. Seiring dengan usaha masyarakatnya untuk mempertahankan peninggalan kebudayaan masa lampau itu, Songket kemudian dapat melewati tantang dari tiap zamannya. Bertahannya kain songket ini, selain memiliki bentuk yang indah juga karena nilai historis-nya, Songket dipertahankan terutama karena masih mendapatkan tempatnya dalam budaya mereka. Keberadaan kain songket, merupakan salah satu kekayaan bangsa yang harus dijaga keberadaannya agar tetap lestari.
Macam dan Jenis Kain Songket
Songket Lepus
Lepus kurang lebih artinya menutupi; Songket yang benang emasnya hampir menutupi seluruh bagian kain. Sesuai motifnya, jenis Songket Lepus ini pun dikenal dengan berbagai macam nama: Lepus Lintang, yang memiliki motif bergambar bintang, Songket Lepus Berantai, Songket Ulir, dan lain-lain.
Songket Tawur
Tawur kurang lebih artinya bertaburan atau menyebar. Songket Tawur ini memiliki motif yang tidak menutupi seluruh permukaan kain tetapi berkelompok dan menyebar. Benang pakan pembentuk motifnya juga tidak disisipkan dari pinggir ke pinggir kain. Yang termasuk ke dalam jenis Songket Tawur yaitu songket tawur lintang, songket tawur nampan perak, songket tawur tampak manggis, dan lain-lain.
Songket Tretes
Pada kain Songket jenis Tretes ini umumnya tidak dijumpai pola atau motif pada bagian tengah kain. Misalnya motif-motif yang terdapat dalam Songket Tretes Mender yang hanya terdapat pada kedua ujung pangkalnya dan pada pinggir-pinggir kain, bagian tengah dibiarkan polos tanpa motif.
Songket Bungo Pacik
Pada kain songket jenis Bungo Pacik, sebagian besar dari motifnya dibuat dari benang kapas putih, sehingga benang emasnya tidak banyak terlihat dan hanya mengisi sebagian motif selingan.
Songket Limar
Songket Limar atau kain limar berbeda dengan pengerjaan songket lainnya. Songket ini ditenun dengan corak ikat pakan. Motifnya berasal dari  jalinan benang pakan (benang lungsi) yang diikat dan dicelup pewarna pada bagian-bagian yang diinginkan sebelum ditenun. Kain Limar ini biasanya digunakan untuk kain sarung laki-laki atau perempuan yang disebut sebagai sewet. Biasanya motif dari kain limar dikombinasikan dengan corak songket untuk digunakan wanita. Corak Kain limar pada bagian badan kain dan corak songket diletakan pada kepala kain.
Songket Kombinasi
Songket Kombinasi, sesuai namanya merupakan perpaduan dari jenis-jenis songket lainnya, misalnya Songket Bungo Cina yang merupakan gabungan jenis motif songket Bungo Pacik dengan jenis Songket Tawur. Sedangkan jenis Songket Bungo Intan adalah gabungan antara Songket Bungo Pacik dengan jenis Songket Tretes .
Selain jenis songket-songket di atas, masih terdapat jenis songket lainnya yang umumnya dinamakan berdasar pada motifnya, misalnya Songket Pucuk Rebung, Songket Bungo Manggis, Bungo Tanjung, Bungo Melati, Songket Sorong dan lain sebagainya.

“Songket dari Singaraja, 1920 c”. Foto oleh Chris Hazzard
“Songket dari Singaraja, 1920 c”. Foto oleh Chris Hazzard

Motif kain yang sering menghiasi kain songket adalah motif bunga, ini menandakan bahwa aktivitas menenun memiliki kedekatan dengan dan untuk wanita serta mencerminkan wanita. Pada zaman dahulu songket itu mereka tenun sambil menunggu datangnya lamaran dari laki-laki.
Walaupun sejarah telah mencatat bagaimana kain songket ini telah melewati berbagai lintasan zaman, namun kain songket tidak terlalu banyak mengalami penambahan motif. Motif bunga manggis dalam desain kain songket bahkan memperlihatkan persamaan dengan motif bunga yang terdapat pada candi Prambanan.
Untuk membuat motif yang berbeda pada kain songket, biasanya ditenunkan dua atau tiga motif kain songket lainnya, sehingga menghasilkan perpaduan yang indah dan menarik tetapi, hal itu tidak keluar dari tata aturan yang mereka yakini.
Warna yang digunakan dalam kain songket pada masa lalu didapat dari pewarna-pewarna alam; pohon dan buah kesumba misalnya dapat digunakan untuk campuran yang menghasilkan warna ungu, merah anggur, dan hijau.Warna ungu juga dapat dihasilkan dari kulit buah manggis. Warna kuning dari tanaman kunyit, sedangkan warna merah terang berasal dari kulit kayu sepang yang sudah berumur.
Untuk membuat warna dalam kain tenun jelas memerlukan pengetahuan yang tidak sembarangan dan ketersediaan pewarna-pewarna tersebut yang berasal dari tanaman atau jenis pohon tertentu harus dibudidayakan dekat dengan lingkungan mereka. Berkurangnya lahan untuk membudidayakan atau tanaman tersebut tidak lagi dijumpai menjadi indikasi bahwa bahan pewarna sudah berganti menjadi bahan pewarna tekstil yang umumnya digunakan dengan campuran kimia.
Simbol dan Perlambangan
Manusia sebagai makhluk simbolik atau Homo symbolicum. Simbol atau lambang tersebut sering digunakan manusia sehingga merepresentasikan makna bagi orang lain. Simbol-simbol itu tidak terkecuali juga hadir dan terdapat dalam warna serta motif kain songket.
Setiap warna dalam kain songket memiliki makna yang dapat menujukan status dan keadaan dari si pemakainya, kuning sebagai lambang emas telah mewarnai kebesaran dan keagungan yang bukan hanya sebagai status kekayaan namun juga status sosial. Kain songket dengan warna hijau, kuning dan merah padam mungkin dipakai oleh mereka yang “janda”, sedangkan bila hendak menikah lagi mengenakan warna-warna yang terang dan lebih cerah.
Songket biasanya dipakai sebagai busana pakaian adat untuk menghadiri dan menggelar upacara-upacara adat. Upacara perkawinan merupakan salah satunya. Songket tidak hanya menjadi busana pengantin, tapi mas kawin dan tamu undangan pun kerap menggunakan songket.
Songket umumnya tidak untuk dikenakan sehari-hari, ini menandakan bahwa kain songket tidak untuk dipakai sembarangan, karena selain “terlalu mewah” jika dikenakan sehari-hari, Songket juga mengandung makna-makna tertentu. Makna yang merupakan perlambang dari si pemakainya. Sebagai contoh, songket yang dikenakan untuk upacara perkawinan berbeda dengan Songket yang digunakan dalam upacara adat lainnya.
Seperti sudah menjadi kekhususan bahwa warna merah yang menyala harus dikenakan oleh pengantin sedang untuk upacara adat lainnya ada kelonggaran untuk memilih motif dan warna. Pada masa lalu pemakaian kain songket mungkin  dibedakan antara keluarga kerajaan, pegawai, bangsawan dan rakyat biasa. Perbedaan pemakaian kain songket penting karena dalam kain songket tersebut mempunyai motif-motif yang menyimbolkan “sesuatu”, makna yang coba direfleksikan oleh pemakainya.
“Songket Pucuk Rebung”. Foto oleh Peggy Reeves Sanday
“Songket Pucuk Rebung”. Foto oleh Peggy Reeves Sanday

Misalnya Songket dengan motif bunga tanjung yang melambangkan keramah-tamahan, dipakai untuk menyambut tamu, khususnya dipakai tua rumah sebagai ungkapan dari selamat datang.
Songket dengan motif bunga melati melambangkan keanggunan, kesucian, dan sopan santun. Kain songket dengan motif bunga melati biasanya dikenakan oleh perempuan yang belum menikah.
Songket dengan motif pucuk rebung melambangkan sebuah harapan, sebuah doa dan kebaikan. Motif pucuk rebung selalu mengambil tempatnya dalam setiap perayaan adat, Motif tersebut hadir sebagai kepala kain atau tumpal. Mengenakan motif pucuk rebung dimaksudkan agar si pemakai diberkati dengan keberuntungan dan kemudahan dalam setiap langkah hidupnya.
Saat ini, perlambang dalam motif kain tidak sedikit yang mengabaikannya. Hal ini tidak hanya terjadi pada tenun songket, tapi juga tenun-tenun lainnya. sungguh disayangkan jika kita atau pembuatnya hanya tahu bentuk dan nama saja, sedangkan maknanya sudah jauh entah ke mana. Sesungguhnya, belum terlambat untuk bertanya karena mereka yang mengerti masih ada.